7 Drone Tercanggih di Dunia Dengan Teknologi yang Memukau

Teknologi pada pesawat drone kini tidak kalah pesatnya dengan teknologi pada gadget. Drone yang merupakan salah satu perangkat kebanggaan suatu militer ini rupanya memiliki beberapa perkembangan dan modifikasi. Hasilnya, ada beberapa drone tercanggih di dunia dari yang lama hingga baru dan masih digunakan oleh militer.

Beberapa Drone Tercanggih di Dunia

1 ) MQ-9 Reaper dari AS

Drone tercanggih di dunia yang akan pertama dibahas adalah salah satu drone asal AS yaitu MQ-9 Reaper. Drone yang diproduksi sebagai inovasi dari versi drone sebelumnya yaitu Predator ini diharapkan dapat membawa rudal lebih banyak. Kecepatan terbang, ketinggian terbang, hingga pengaturan suara agar lebih senyap turut dikembangkan pada MQ-9 Reaper.

2 ) Taranis dari Inggris

Salah satu drone yang digadang-gadang akan menjadi drone tercanggih di dunia dan hingga saat ini masih dalam pengembangan adalah Taranis, yang artinya adalah Dewa Guntur. Drone yang direncanakan aktif pada tahun 2030 ini sebenarnya telah pernah dicoba terbangkan. Drone yang dibuat dengan tujuan agar dapat melindungi kerajaan Inggris ini dibuat oleh ilmuwan inggris, Departemen Pertahanan Inggris dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan seperti QINETIQ, ROLLS ROYCE, BAE SYSTEM, dan GE AVIATION.

3 ) Super Heron asal Israel

Israel merupakan salah satu produsen drone canggih di dunia. Salah satunya adalah Super heron yang keluar pada februari 2014. Drone tanpa awak ini memiliki spesifikasi daya tahan dan kecepatan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Drone yang diproduksi oleh perusahaan IAI Israel ini menggunakan program ATOLS dan semi otonom serta memiliki lama terbang hingga 45 jam. Drone yang memiliki ketinggian terbang hingga 9 km ini memiliki kecepatan terbang 280 km/jam/

4 ) Tai Anka dari Turki

 

TAI ANKA merupakan drone milik angkatan bersenjata dari Turki. TAI sendiri merupakan kepanjangan dari Turki Aerospace Industries sedangkan ANKA merupakan nama burung yang ada di Turki. Drone yang dirilis pada April 2013 ini dibuat oleh TAI untuk variannya, TUSAS untuk mesinnya, dan Roketsan untuk persenjataannya. Drone tanpa awak ini menggunakan program semi otonom dan sistem ATOLS, sebuah sistem yang memungkinkan drone ini dapat terbang maupun mendarat tanpa intervensi dari operator di Ground System Control.

5 ) Eitan dari Israel

 

Satu diantara beberapa drone tercanggih di dunia yang juga bisa Anda jadikan referensi pengetahuan adalah Eitan, drone asal Israel. Drone yang sebenarnya telah diproduksi sejak April 2004 ini merupakan pesawat tanpa awak yang tidak hanya digunakan untuk bertahan dari rudal namun juga untuk merusak elektronik, memanjangkan sinyal komunikasi antar drone, serta mengumpulkan informasi intelijen.

6 ) Caihong CH-5 dari China

Caihong CH-5 merupakan drone asal negara Cina dan merupakan versi tingkatan dari drone versi sebelumnya yaitu CH-4. Drone yang dibuat oleh gabungan dari 701 Institusi peneliti Cina dan 11 universitas serta CASC ini menurut ahli AS memiliki kemampuan seperti Predator generasi A. Drone yang dirilis pada Agustus 2015 ini juga dapat mengatasi radar darat, pencarian, maupun pengintaian.

7 ) Fotros dari Iran

Drone yang terakhir dalam bahasan ini adalah Fotros yang diciptakan oleh perusahaan IAIO dari Iran. Drone yang namanya terinspirasi dari tulisan Husein bin Ali mengenai Mitologi Islam Syiah ini merupakan drone dengan spesifikasi terkuat dan terbesar diantara drone Irak. Fotros yang berarti malaikat yang jatuh ke bumi ini dibuat pada November 2013.

Demikian beberapa drone tercanggih di dunia yang masih digunakan maupun telah tidak digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat.