Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster – Sitemap merupakan alat yang memudahkan mesin pencari untuk mengenal peta situs yang di dalamnya ada banyak link post yang sebelumnya pernah dibuat. Mengapa sitemap ini sangat penting sekali? Dalam metode pencarian di mesin pencari seperti Google akan mendata setiap sitemap yang ada dalam situs tersebut untuk membantu proses pencarian ketika pengguna lain ingin mencari, ketika ada korelasinya antara pencarian tersebut dan sitemap pada situs akan segera ditampilkan pada hasil pencarian.

Nantinya konten yang ada di dalam situs akan mudah dikenali dengan menggunakan sitemap ini. Kali ini akan membahas banyak hal yang bisa didapatkan dengan menggunakan sitemap google webmaster tools. Perangkat ini paling dikenali dan mudah digunakan untuk membuat sitemap situs Anda.

Kebanyakan blogger saat ini yang bermain di Adsense atau web blogging banyak yang menggunakan alat ini untuk mempermudah pencarian situs mereka di Google. Perlu diperhatikan langkah demi langkah agar tidak terjadi kesalahan saat proses pembuatan sitemap tersebut.

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster

Langkah mudah berikut ini akan memandu Anda dalam membuat sitemap dengan cepat tanpa harus menunggu lama. Mungkin bagi pengguna yang masih awal akan merasa bingung dengan banyaknya panel yang tersedia.

1 ) Buka alamat google.com/webmasters/tools/home?hl=in pada browser komputer Anda

2 ) Klik link blog yang ingin diproses, jika sebelumnya belum pernah mendaftarkan pada google webmaster bisa melakukannya terlebih dahulu. Prosesnya akan dibantu oleh Google secara mudah

3 ) Nantinya akan tampil beberapa daftar peralatan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui peta situs dan pengelolaannya, klik pada pengoptimalan kemudian pilih peta situs

4 ) Setelah itu akan tampil sitemap dengan bagian kanan ada beberapa pilihan, klik pada tambahkan / uji peta situs

5 ) Jika blog yang sedang dibuat menggunakan blogspot bisa memasukkan feeds/posts/default pada kolom yang tersedia kemudian klik “Mengirim peta situs”

6 ) Jika blog yang digunakan bukan dari google bisa menyesuaikannya sendiri dengan sitemap masing-masing.

7 ) Semisal Anda memiliki lebih dari satu sitemap bisa mengirimkan beberapa sitemap tersebut dengan cara yang sama dan ditambahkan kode di bawah ini tanpa tanda petik

“Sitemap.xml

Atom.xml?redirect=fase&start-index=1&max-results=500”

8 ) Cara sebelumnya memang untuk postingan di bawah 500 total post dan apabila memiliki lebih dari angka tersebut bisa menambahkan kode di bawah ini juga tanpa tanda petik

“atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500”

9 ) Nantinya ketiga jenis sitemap yang berbeda tersebut akan membantu mempercepat proses pengindeksan dari situs Anda sendiri.

Selain cara membuat sitemaps di Google Webmaster, fitur yang ada di dalamnya tersebut juga akan membantu mengoptimalkan mesin pencarian situs Anda. Ada banyak fitur seperti traffic, click, index, dan masih banyak lagi yang sangat berguna untuk pengembangan situs Anda sendiri.

Google Webmaster memang dirancang secara khusus untuk memudahkan evaluasi terhadap situs yang dimaksud agar lebih mudah dicari sesuai dengan keyword relevansinya. Walau sebagian orang tidak banyak yang tahu tentang cara ini karena kebanyakan masih menggunakan cara manual untuk mengindeks situs mereka ke mesin pencari seperti Google.

Begitulah cara membuat sitemaps di Google Webmaster yang bisa menjadi sumber Anda. Sebaiknya periksa kembali postingan Anda yang sudah terindeks dan memantaunya secara langsung menggunakan Goolge Webmaster tersebut. untuk langkah pembuatan dan fungsi dari banyak fitur dalam Google Webmaster tersebtu akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda gunakan.