Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Deep Freeze

Semakin berkembangnya teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk menginstall berbagai aplikasi di dalam personal computer Anda. Mudahnya pengguna dalam menginstall berbagai aplikasi terkadang juga membawa dampak negatif untuk komputer Anda. Untuk melindunginya Anda bisa menyimak cara menghidupkan deep freeze berikut.

Untuk menghindari jika komputer Anda mungkin akan mengalami masalah pada sistem yang bekerja. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, banyak pengguna yang akhirnya memilih aplikasi deep freeze untuk mengamankan komputer atau laptop ketika ada virus yang menyerang atau ketika laptop mengalami error. Fungsinya yaitu untuk mengamankan drive serta sistem dan data di dalamnya dengan cara membekukan drive tersebut bahkan setelah komputer direstart.

Cara Menghidupkan Deep Freeze dan Cara Mematikannya

Cara kerja dari aplikasi deep freeze ini adalah dengan membekukan sebagian atau seluruh partisi yang ada di hard drive, sehingga ketika ada perubahan pada komputer Anda, maka software deep freeze ini akan mengembalikan partisi komputer Anda seperti sedia kala setelah komputer di restart. Hal ini memungkinkan data yang sudah atau telah dihapus bisa kembali lagi, sedangkan data atau aplikasi yang baru ditambahkan akan menghilang. Berikut cara menghidupkan deep freeze yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan data Anda dari serangan virus.

  1. Sebelum mengetahui cara meghidupkan deep freeze, yang pertama harus Anda lakukan tentu saja pastikan Anda memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Jika Anda belum punya, Anda bisa mengunduh di berbagai situs yang menyediakan aplikasi deep freeze ini. Setelah Anda memiliki aplikasinya, segera lakukan pemasangan atau instal di komputer Anda.

 

  1. Cara menghidupkan deep freeze yang selanjutnya adalah dengan menekan ctrl + alt + shift +F6 pada keyboarad Anda. Setelah Anda menekan tombol itu, akan muncul tampilan yang meminta Anda untuk memasukkan password atau kata sandi. Lalu Anda harus memasukkan password Anda dan kemudian klik OK. Setelah Anda memasukkan pasword maka jendela pilihan akan muncul. Jika Anda ingin mengaktifkan deep freeze, maka Anda harus memilih Boot Frozen. Jika Anda ingin menonaktifkan deep freeze Anda. Anda harus menekan tombol Boot Thawed, lalu klik OK.

 

  1. Setelah melakukan hal tersebut, Anda tinggal klik Apply and Reboot. Maka pengaturan Anda akan otomatis disimpan dan komputer Anda juga akan direstart secara otomatis. Setelah proses restart selesai, program deep freeze akan bekerja secara otomatis di komputer Anda. Begitu juga jika Anda ingin menonaktifkannya.

 

Demikian tadi cara menghidupkan deep freeze berikut cara menon-aktifkannya juga. Menggunakan aplikasi deep freeze ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah untuk menjaga sistem dan data yang Anda simpan pada hard drive agar tetap seperti keadaan semula saat komputer Anda direstart. Selain itu deep freeze ini juga berguna untuk mengurangi dan menghindari kemungkinan komputer Anda akan terserang virus ataupun malware dan juga error.

Karena jika komputer Anda terserang virus ataupun malware namun sudah Anda deep freeze, maka semua data yang sudah Anda deep freeze akan kembali seperti sedia kala setelah dilakukan restart. Kelemahannya adalah membutuhkan waktu lebih untuk menginstall ataupun meng-unisntal program yang Anda inginkan. Karena setiap kali Anda ingin menginstal program baru, Anda harus memastikan deep freeze Anda dalam keadaan nonaktif atau tidak aplikasi yang Anda inginkan tidak akan terinstall. Setiap aplikasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua tergantung Anda sebagai pemakainya.