Cara Mengidentifikasi Peluang Usha Menurut Para Expert Bisnis

Bagi semua orang, cara mengidentifikasi peluang usaha merupakan pengetahuan yang harus dikuasai selain pengetahuan-pengetahuan lainnya. Di dalam dunia yang semakin kompetitif seperti saat ini, Anda dituntut untuk mampu memanfaatkan segala kondisi yang ada sebagai suatu peluang ekonomi. Hal tersebut merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebagai usaha cadangan yang Anda miliki ketika Anda kehilangan sumber pendapatan utama Anda. Bahkan jika Anda masih memiliki sumber pendapatan utama, peluang bisnis tersebut juga Anda manfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan yang Anda miliki. Dengan kata lain, Anda harus menguasai cara mengidentifikasi peluang usaha yang ada di sekitar Anda dengan cara-cara yang dikemukakan oleh ahli ekonomi. 

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha Menurut D. J. Schawrtz

Menurut D. J. Schwartz, seorang ahli ekonom terkemuka, cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi peluang bisnis bukan merupakan hal yang sulit. Kunci utama dari hal tersebut adalah kreatif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Berikut daftar cara mengidentifikasi peluang usaha yang dapat Anda lakukan:

1 ) Memiliki kepercayaan bahwa usaha apa pun dapat dilakukan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencari peluang usaha yang ada di sekitar Anda adalah menanamkan kepercayaan dalam diri Anda. Walaupun kelihatannya bukan hal yang penting, kepercayaan diri tersebut merupakan hal yang vital untuk dilakukan karena semua usaha yang dilakukan. Bahkan usaha yang liar sekali pun, dapat berbuah kesuksesan apabila dibarengi dengan optimisme dan kepercayaan diri.

2 ) Menciptakan tradisi baru

Terkadang, hal yang membuat kita terpaku pada satu atau beberapa hal yang sama adalah tradisi di lingkungan sekitar kita. Dalam hal ini, apa yang dianggap orang sebagai hal yang harus dilakukan diikuti oleh orang-orang lainnya agar dapat diterima dalam masyarakat. Hal tersebut tidak berbeda dengan perkembangan usaha Anda. Ketika Anda memiliki sebuah ide inovatif mengenai peluang usaha Anda, ide tersebut tidak dapat terlaksana karena Anda memiliki kekhawatiran bahwa usaha Anda tidak akan ditanggapi secara positif oleh masyarakat. Dalam hal ini, ubah tradisi tersebut dan ciptakan tradisi baru yang mendukung usaha Anda.

3 ) Melakukan riset

Ketika Anda sudah melakukan dua hal yang telah dijelaskan di atas, hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan riset lapangan atau observasi. Dalam hal ini, riset merupakan hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Melalui riset, Anda akan mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai selera konsumen terhadap produk. Anda dapat mengetahui produk apa yang sedang dicari oleh masyarakat dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan selera pasar. Dengan berbekal pengetahuan akan selera dan permintaan dalam pasar, Anda dapat melakukan pengembangan produk Anda lebih jauh dengan didasarkan pada pengetahuan yang Anda dapatkan dari observasi.

4 ) Gali kreativitas dan perluas koneksi

Hal selanjutnya dalam cara mengidentifikasi peluang usaha yang penting untuk dilakukan adalah mengembangkan ide dan kreativitas yang Anda miliki. Usaha yang Anda mulai akan mengalami perkembangan pesat apabila usah Anda dibarengi dengan inovasi yang berbeda dibandingkan usaha-usaha lainnya. Dalam hal ini, inovasi dilahirkan oleh ide dan kreativitas tanpa adanya batasan yang mengekang. Untuk memperluas ide dan kreativitas Anda, Anda harus memperluas koneksi yang Anda miliki untuk mengetahui lebih lanjut terkait selera pasar.

Itulah beberapa tips mudah dari ahli ekonomi mengenai cara mengidentifikasi peluang usaha di sekitar Anda. Dengan begitu, usaha yang Anda lakukan akan berbuah kesuksesan.