Startup Bisnis VS Bisnis Konvensional, Siapa yang Paling Menjanjikan di Tahun 2016 Ini?

Bisnis startup di Indonesia sebenarnya bukan bisnis baru, bisnis startup mulai dikenal di Indonesia sejak akhir tahun 90-an. Perkembangan startup bisnis di Indonesia cukup pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang juga semakin canggih. Di tahun 90-an, internet mulai banyak dikenal dan banyak digunakan. Banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan internet sebagai ladang usaha karena dianggap mampu mengembangkan usahanya. Sampai saat ini, internet masih memiliki andil yang besar terhadap kesuksesan usaha. Oleh sebab itu, semakin banyak pengusaha yang menggunakan internet dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis startup sendiri merupakan bisnis yang merupakan bisnis baru dan memanfaatkan kecanggihan internet. Saat ini ada banyak contoh bisnis startup yang sukses, misalnya saja ojek online, iklan baris dan lain sebagainya. Terbayang bukan betapa besar sumbangsih internet pada kesuksesan usaha seseorang. Lalu, apa bedanya bisnis startup online di Indonesia dengan bisnis konvensional. Jawabannya yaitu terletak pada pelaksanaannya, apakah bisnis tersebut memanfaatkan internet atau bukan. Seperti contoh ada ojek online sebagai startup bisnis dan ojek pangkalan sebagai bisnis konvensional.

Mana yang Lebih Menjanjikan antara Bisnis Startup atau Bisnis Konvensional?

bisnis-startup-di-indonesia-2

Bagi Anda yang baru dalam dunia bisnis atau baru saja merencanakan ingin masuk dunia bisnis, mungkin Anda masih bingung. Jenis bisnis apa yang akan Anda pilih, apakah bisnis konvensional ataukah bisnis startup? Startup bisnis di Indonesia sendiri memiliki perkembangan yang sangat pesat. Contohnya yaitu ojek online yang saat ini banyak sudah merambah ke pelosok nusantara, tidak hanya di kota besar saja. Adanya ojek online ini tentu menjadi pesaing berat bagi ojek konvensional. Akibatnya ada banyak kontra akibat perbedaan tersebut sehingga membuat Anda ragu untuk memilih.

Jika Anda memiliki bisnis konvensional, mungkin Anda harus siap bersaing dengan bisnis startup yang semakin hari semakin berkembang. Namun Anda juga dilema dengan bisnis startup yang mendapatkan kontra dari bisnis konvensional jika harus memilih bisnis startup. Sebenarnya untuk saat ini, bisnis startup di Indonesia adalah bisnis yang lebih menjanjikan dengan potensi yang lebih besar dibandingkan bisnis konvensional. Bagaimana tidak, pengguna internet lebih banyak dan meningkat setiap harinya. Jika dulunya hanya di kota-kota besar saja yang dapat mengakses internet, saat ini tidak lagi.

Saat ini masyarakat Indonesia yang tinggal di desa atau di perkampungan sudah banyak yang menggunakan internet. Akses internet semakin mudah berkat dukungan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Oleh sebab itu, potensi bisnis startup Indonesia semakin besar dan semakin menjanjikan. Jangan takut untuk bersaing dengan bisnis konvensional yang lebih dulu ada. Jalankan bisnis Anda dengan sebaik mungkin agar mendapatkan tempat di hati para konsumen. Anda juga harus cerdas memilih jenis usaha apa yang akan Anda jalankan serta cerdas dalam memanfaatkan kesempatan yang ada.

Di jaman yang serba modern seperti saat ini, sulit bagi masyarakat Indonesia jika tidak menggunakan internet. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial mau tidak mau membiasakan mereka untuk memanfaatkan internet. Semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan internet dan menjadikan internet sebagai kebutuhan. Anda dapat melihat lingkungan di sekitar Anda, pasti banyak orang yang mengeluh jika koneksi internet tidak lancar. Namun jika Anda masih ragu, coba pelajari lebih lanjut apa itu bisnis startup dan bagaimana risikonya. Serta ketahui juga perkembangan bisnis startup di Indonesia dari tahun ke tahun.

Deskripsi: Bisnis startup di Indonesia semakin banyak diminati karena potensinya. Walaupun bersaing dengan bisnis konvensional yang sudah besar, bisnis ini cukup menjanjikan.