Tips dan Cara Dari Jack Ma dalam Melihat Peluang Bisnis untuk Para Pengusaha Muda

Kegiatan bisnis merupakan suatu kegiatan usaha yang menghasilkan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan. Banyak pengusaha sukses yang sangat menginspirasi, salah satunya adalah Jack Ma. Cara melihat peluang bisnis dari Jack Ma merupakan suatu hal yang sangat berharga. Beliau merupakan pengusaha sukses dari Cina yang mendirikan Alibaba Group, perusahaan retail online tersukses di Asia.

Cara Melihat Peluang Bisnis, Langkah Awal Merambah Dunia Bisnis

Pengalaman beliau dalam kegiatan bisnis terbilang sudah teruji, di mana jatuh bangun dalam berbisnis sudah dialaminya. Pengalamannya tersebut dapat digunakan untuk merumuskan berbagai metode berbisnis yang baik dalam hal peluang bisnis. Untuk menjalankan sebuah kegiatan bisnis, perlu langkah awal yang harus dilakukan, yaitu melihat peluang yang ada dan menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa cara melihat peluang bisnis yang berasal dari Jack Ma, seorang pengusaha sukses.

1 ) Pengembangan Ide

cara-melihat-peluang-bisnis-1

Peluang bisnis erat kaitannya dengan ide dari pebisnis itu sendiri. Cara pandang dalam mencari peluang bisnis dapat dilakukan melalui pengembangan ide setiap pemikiran yang dimiliki. Kehadiran ide-ide cemerlang dapat diawali dari diskusi dengan teman atau orang yang berpengalaman dalam menjalankan bisnis. Pengembangan ide-ide yang didapatkan tersebut dapat dilakukan secara bertahap dengan menganalisis faktor-faktor penghambat dan kemungkinan yang terjadi saat bisnis tersebut dijalankan. Analisis faktor yang berpengaruh buruk pada peluang, sangat diperlukan agar dapat merumuskan strategi dalam menerapkan peluang tersebut.

2 ) Memantau Kebutuhan Konsumen

Man shopping

Perkembangan jaman merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kebutuhan konsumen, di mana kebutuhan seorang konsumen turut berubah menyesuaikan dengan keadaan jaman. Oleh sebab itu, sebaiknya cara melihat peluang bisnis dilakukan dengan tepat sasaran dengan memantau apa saja kebutuhan konsumen, sehingga prospek bisnis tergolong menjanjikan. Selain bidang bisnisnya, sistem yang digunakan juga harus matang, karena sistem merupakan pedoman dalam kegiatan operasional bisnis.

3 ) Berpikir Secara Inovatif, Kreatif, dan Unik

cara-melihat-peluang-bisnis-3

Pengusaha dituntut berpikir dengan cara berbeda. Cara pandang seorang pengusaha tidak hanya dalam hal keuntungan yang didapatkan saja, melainkan harus berpikir mengenai sasaran/target pasarnya, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Berpikir secara inovatif, kreatif, dan unik adalah suatu cara melihat peluang bisnis yang perlu diterapkan, sehingga mampu memperoleh bidang bisnis yang tepat dengan produk yang lebih inovatif dan kreatif. Nilai tambahnya adalah keunikan yang ada pada produk ataupun sistemnya. Dengan demikian, bisnis yang diterapkan dengan berpikir secara inovatif, kreatif, dan unik dapat menciptakan sasaran pasar yang tepat dan pangsa pasar yang bertahan lama.

4 ) Membangun Koneksi Bisnis

cara-melihat-peluang-bisnis-4

Peluang yang ada untuk menjalankan suatu bisnis dapat diperoleh dengan menyoroti kebutuhan pasar, pengembangan ide, dan disesuaikan dengan kemampuan. Setiap individu mempunyai kemampuan yang berbeda,sehingga diperlukan suatu jaringan bisnis untuk menghasilkan kegiatan bisnis yang optimal. Selain itu, koneksi bisnis sangat berguna untuk perluasan area bisnis dengan peluang pemasaran yang lebih tinggi.

5 ) Mempelajari Kisah Sukses Pengusaha di Bidang yang Sama

cara-melihat-peluang-bisnis-5

Kisah sukses pengusaha, terutama yang mempunyai bidang bisnis yang sama, sangat berguna untuk melihat peluang bisnis yang cocok serta membangun motivasi untuk merintisnya. Langkah perencanaan dan strategi bisnis dari usaha yang dijalankan pengusaha tersebut dapat diamati dan dipelajari oleh setiap orang yang memutuskan untuk terjun dan berkiprah dalam dunia bisnis.

Beberapa hal penting untuk diperhatikan dalam merintis sebuah kegiatan usaha. Cara melihat peluang bisnis merupakan harus dilakukan dengan tepat, sehingga bisa mengetahui peluang yang tepat sasaran beserta dengan dasar sistem operasionalnya.