Sekilas Informasi Gaji Karyawan Bank Di Indonesia

gaji karyawan bank

Banyak yang penasaran dengan informasi gaji karyawan bank di Indonesia. Sebagian besar orang merasa bahwa pegawai bank memiliki standar gaji yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika staff atau pegawai bank kebanyakan berkecukupan. Tentu saja anggapan ini tidak sepenuhnya benar, tetapi juga tidak sepenuhnya salah. Untuk orang awam tentu informasi semacam ini menjadi pertanyaan besar. Namun, bagi para pegawai bank pastinya sudah paham berapa besar pendapatan yang mereka terima setiap bulannya. Jika penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang sekilas informasi gaji karyawan bank di Indonesia saat ini, yuk simak informasinya berikut di bawah ini.

Gaji Karyawan Bank Sesuai Status Kepegawaian

Hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat umum yaitu sebenarnya gaji para pegawai bank tidak semerta-merta seluruhnya sama. Tentu saja jabatan serta golongan pegawai juga menentukan pendapatan dasar yang diterima oleh pegawai bank. Mulai dari posisi teller, kepala cabang, hingga manajer pusat akan memiliki rentang gaji yang bervariasi. Oleh sebab itu jangan disamakan setiap karyawan bank yang satu dengan yang lain.

Sebagai informasi, umumnya golongan dengan status pegawai yang paling rendah menerima gaji setara dengan UMR yang diberikan di daerah tersebut. Sementara untuk gaji atasan atau kepala cabang tentu berkali lipat dari nilai tersebut. Tentunya semua skema gaji ini sudah ditentukan dari bank pusat dan dikendalikan juga oleh Bank Indonesia selaku pengawas dari bank-bank lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tunjangan Resmi Lain-Lain

Selain gaji pokok atau dasar, tentu seluruh pegawai bank memiliki tambahan pendapatan yang dirupakan sebagai tunjangan. Besarnya tunjangan ini juga tidak sama pada setiap jenjang kepegawaian yang diterapkan. Oleh sebab itu sangat wajar jika gaji petugas bank yang satu dengan yang lain bisa jadi berbeda-beda. Semakin tinggi pangkat dan jabatan di dalam bank, maka tentu makin banyak juga tunjangan yang akan diterima oleh mereka. Mulai dari tunjangan seperti tempat tinggal, komunikasi, tunjangan jabatan, hingga tunjangan makan dan transportasi. Tentunya tunjangan ini lebih bersifat untuk membantu operasional karyawan setiap harinya dari dan menuju ke kantor.

Tunjangan Hari Raya

Sama halnya dengan pegawai di perusahaan yang lain, setiap tahunnya pegawai bank juga menerima tunjangan hari raya atau biasa disingkat dengan THR. Umumnya besarnya THR ini diberikan satu kali gaji setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri berlangsung. Oleh sebab itu komponen pendapatan yang satu ini sama halnya dengan yang diterima oleh karyawan perusahaan yang bekerja di bidang lainnya.

Bonus Akhir Tahun

Yang menarik dari informasi gaji karyawan bank di Indonesia yaitu rumor adanya bonus akhir tahun serta bonus-bonus lain yang tidak kalah menggiurkan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena beberapa karyawan setiap tahunnya berhak untuk mendapatkan bonus tambahan. Bai katas kinerja maupun atas dedikasi karyawan terhadap bank yang bersangkutan. Oleh sebab itu pemberian bonus tahunan ini umumnya tidak sama antara karyawan yang satu dengan yang lain. Pastinya untuk mendapatkan bonus tersebut, biasanya harus memiliki status sebagai karyawan permanen.

Itulah sekilas informasi gaji karyawan bank di Indonesia. Tampaknya memang besarnya penghasilan yang diterima oleh sebagian besar karyawan bank di negara ini memang cukup menggiurkan. Tidak heran jika banyak yang tertarik untuk melamar sebagai pegawai bank setelah lulus dari jenjang kuliah. Nah, setelah mendapatkan informasi di atas, masih minat tidak menjadi pekerja bank di Indonesia?