Seluk Beluk Tentang HRD Dan Pengelola SDM

seluk beluk tentang HRD

Seluk beluk tentang HRD dan pengelola SDM mungkin belum semua orang mengetahuinya. HRD sendiri sebenarnya merupakan sebuah department yang melakukan pengelolaan SDM di sebuah perusahaan ataupun di sebuah lembaga tertentu. maka tentu saja peran HRD ini sangatlah penting dan sangatlah dibutuhkan. Sebab tugas dan tanggung jawab HRD ini sangatlah besar dan berhubungan secara langsung dengan para karyawan yang merupakan roda penggerak perusahaan.

Bertanggung jawab atas proses rekrutmen

Proses penerimaan tenaga kerja baru memang menjadi tanggung jawab bagi departemen HRD. Proses ini meliputi beberapa hal mulai dari proses seleksi calon karyawan sampai akhirnya perusahaan menerima karyawan baru. Yang dimaksud dengan rekrutmen sendiri adalah proses untuk mencari calon karyawan agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Sebenarnya ada banyak metode yang dapat digunakan untuk menjalankan rekrutmen ini. Mulai dari tes tertulis lalu psikotes dan kemudian proses wawancara atau interview.

Evaluasi tenaga kerja dalam seluk beluk tentang HRD

Evaluasi menjadi suatu hal yang penting dan harus dilakukan oleh departemen HR. Dalam hal ini evaluasi dilakukan terhadap para tenaga kerja di suatu perusahaan. Melalui adanya evaluasi inilah maka HRD bisa mengetahui potensi atau ketrampilan dan keahlian yang dimiliki oleh setiap tenaga kerja. Tidak hanya itu saja tetapi evaluasi karyawan akan semakin memudahkan HRD dalam menentukan tindakan selanjutnya yang dilakukan pada setiap karyawan. Jadi evaluasi menjadi suatu bagian yang penting dalam pekerjaan HRD demi pengembangan karyawan itu sendiri.

Pengembangan karyawan

Pada akhirnya evaluasi yang dilakukan oleh HRD berujung pada adanya pengembangan karyawan atau yang biasa disebut dengan istilah training. Pengembangan karyawan atau training biasa dilakukan dengan sistem pelatihan yang memang diberikan pada karyawan untuk bisa lebih memaksimalkan kemampuannya. Dengan adanya training maka tentunya karyawan dapat menyesuaikan diri dengan segala tuntutan kerja yang ada. Penyesuaian diri ini memang terasa begitu sulit pada awalnya terutama bagi karyawan baru yang belum memiliki pengalam kerja apapun. Namun secara perlahan penyesuaian diri akan dapat dilakukan dengan lebih mudah oleh karyawan tepatnya melalui training.

Pemberian kompensasi

HRD tidak hanya memiliki peran penting dalam hal proses penerimaan karyawan baru dan evaluasi serta training karyawan saja. Tetapi HRD juga memiliki peran penting dalam pembagian gaji atau upah pada karyawan. Di setiap perusahaan yang memiliki departemen HR di dalamnya tentunya perhitungan dan pemberian gaji atau upah karyawan dilakukan oleh HRD. Sebab memang HRD memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pemberian kompensasi pada para karyawan sebagai imbalan atas kinerja karyawan untuk perusahaan.

Proteksi karyawan sebagai poin penting dalam seluk beluk tentang HRD

Karyawna di suatu perusahaan juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungn dan hak untuk bekerja dengan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu segala keluhan dari karyawan bisa ditampung oleh HRD. Tidak hanya itu saja tetapi HRD juga bisa memberikan solusi bagi tiap permasalaha yang sedang dihadapi oleh para karyawan. HRD harus dapat menampung segala aspirasi karyawan terutama yang berhubungan dengan produktivitas karyawan.

Seluk beluk tentang HRD dan pengelola SDM di atas diharapkan agar bisa memberikan informasi bagi Anda sekalian. Sebab keberadaan HRD di tiap perusahaan memang penting adanya. Keberadaannya berpengaruh langsung pada karyawan yang turut menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan. Dengan adanya fungsi HRD yang maksimal maka karyawan bisa bekerja secara efektif dan mencapai tujuan perusahaan.